Sabtu, 08 Januari 2011

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Perkembangan kehidupan manusia selalu diiringi dengan perkembangan bagaimana cara manusia menyampaikan pesan / informasi (yang biasa dikenal dengan istilah Teknologi Komunikasi dan atau Teknologi Informasi). Mulai dari gambar-gambar yang tak bermakna di dinding-dinding gua, peletakkan tonggak sejarah dalam bentuk prasasti sampai diperkenalkannya dunia arus informasi yang kemudian dikenal dengan nama INTERNET.
Tiga Pendekatan Memahami Teknologi Komunikasi
  1. Dystopian
Aliran yang berhati-hati dan bersikap kritis terhadap penerapan teknologi, sebab dampak yang ditimbulkan adalah pengacauan kehidupan sosial dan politik. Upaya-upaya yang dilakukan faham ini adalah dengan mengembalikan kualitas-kualitas esensial yang menyusut dalam masyarakat kontemporer. Sebagai contoh interaksi tatap muka dianggap lebih alamiah daripada menggunakan media.
  1. Neo-futuris
Aliran ini merupakan refleksi dari ‘warisan’ tak terkendali dari gelombang pertama Futurisme. Suatu keyakinan yang tidak kritis sedang berlangsung, yaitu penerimaan terhadap hal-hal baru. Teknologi High Speed dianggap kekuatan-kekuatan yang menggilas semua yang dilewatinya, dan meletakkan dasar kerja untuk masa depan yang penuh harapan.
  1. Tekno-realis
Sebagai penengah antara aliran Dytopian dengan Neo-futuris dalam penerapan teknologi komunikasi dan dampak-dampaknya dalam masyarakat. Aspek kritis dimasukan dalam praktek komunikasi dan perhatian terhadap nilai-nilai kemanusiaan juga ditekankan.
Pernyataan tekno-realis adalah “teknologi tidak netral” dan “internet adalah revolusioner tetapi tidak utopia”. Faham ini mengakui teknologi digital mempunyai mempunyai manfaat-manfaat praktis yang dapat digunakan namun tanpa harus melawan nilai-nilai kemanusiaan.

INTERAKTIF TEKNOLOGI KOMUNIKASI MUTAKHIR


Media interaktif adalah media yang diapakai untuk saling tukar informasi, baik untuk keperluan hiburan, pendidikan, bisnis yang menggunakan komputer, terminal vidiotek, telepon atau layar televisi (weiner,1996). Ciri utama media interaktif adalah memberi peluang untuk saling tukar informasi. media interaktif berbeda dengan media massa, karena media massa adalah saluran komunikasi dengan menggunakan, radio, surat kabar, televisi dan film yang dapat menjangkau khalayak banyak dengan informasi berasal dari institusi.

Ciri Komunikasi Interaktif

Orang yang terlibat bisa berinteraksi dengan leluasa

Umpan balik segera dapat diketahui

Penyampaian pesan disampaikan baik secara verbal maupun visual

Menggunakan media interaktif.

Ciri adanya Teknologi Komunikasi Mutakhir

Yang dimaksud dengan teknologi ini adalah teknologi komunikasi yang berada pada gelombang kelima, yang dimulai awal 1990-an.

Pemicu kelahirannya ; mikroelektronik

pembentuknya :Komputer

Infrastrukturnya: informasi superhighway

Integrated Services Television (ISTV) adalah sebuah televisi multimedia dengan server yang terbangun sendiri dirumah pemiliknya. Terminal informasi dan hiburan di rumah, yang bisa menerima semua siaran televisi, berita utama surat kabar dan terhubungke internet.

Keunggulan ISTV

Pemirsa dapat mengetahui informasi terakhir yang diperbarui secara otomatis

Mampu menggabungkan beberapa informasi yang bersal dari berbagai media

Menjadikan televisi sebagai media yang lebih pintar


Tidak ada komentar:

Posting Komentar