Sabtu, 08 Januari 2011

KOMPUTER DAN MEDIA BARU

Komputer adalah teknologi yang berpengaruh dalam kehidupan manusia saat ini. Komputer telah menyentuh semua aspek kehidupan manusia, dan sekarang ini banyak aspek vital seperti keamanan, transportasi yang bergantung pada komputer.
Kata media berasal dari bahasa latin yang memiliki arti sebagai perantara sebuah informasi dengan penerima informasi.
New media berawal dari bentuk komunikasi bermedia computer atau computer-mediated communication (CMC). CMC adalah di mana jaringan komputer digunakan sebagai jaringan komunikasi elektronik, dan dilengkapi oleh internet. Media baru secara sederhana adalah media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet secara khususnya. Termasuk di dalamnya adalah web, blog, online social network, online forum, dsb yang menggunakan computer sebagai medianya.
Faktor berkembangnya internet di dunia adalah karena internet menyediakan layanan yang familiar dan bersifat memudahkan penggunanya. Selain itu, pertimbangan waktu yang digunakan untuk mencari informasi lewat internet dari berbagai belahan bumi lebih efisien daripada mencari informasi lewat media cetak atau media lainnya. Lewat internet kita bisa mencari data dalam berbagai bentuk, mulai dari sekedar tulisan, sampai video klip yang bergerak.
Internet juga memiliki peran dalam bidang ekonomi, hal ini terlihat dari adanya e-commerce atau e-business. Internet berperan sebagai infrastruktur yang membantu transaksi perdagangan dari penjual pada pembeli. Internet juga bisa disebut sebagai pasar belanja terbesar dengan jaringan informasi dan komunikasi terluas.
Perkembangan Teknologi dengan Adanya Jejaring Sosial di Internet
Di dunia jejaring sosial, kehadiran internet telah mampu memfasilitasi situs yang dapat menghubungkan segala macam orang di berbagai belahan dunia dengan tingkat interkonektivitas dan interaktivitas yang sangat tinggi. Dua tahun lalu barangkali baru sedikit orang yang memakai facebook, dan lebih sedikit lagi yang mengenal twitter. Namun kini orang-orang telah banyak menggunakan jasa layanan situs pertemanan itu, mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing layanan. Hal ini ditangkap sebagai sebuah peluang bagi provider telepon seluler, yang memudahkan pemakaian internet dari fasilitas yang tersedia. Belum lagi semakin populernya smartphone blackberry menjadikan tingkat penggunaan situs jejaring sosial itu semakin tinggi. Video porno orang-orang mirip artis yang belakangan santer terdengar di televisi, tidak akan semenghebohkan itu jika tidak lebih dahulu ter-upload lewat internet dan semakin mendapat popularitas berkat tulisan para pengguna situs jejaring sosial tersebut. Dari ilustrasi tersebut, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa sangat dimungkinkan terhadap hubungan yang bersifat timbal balik antara perkembangan teknologi dan pola-pola komunikasi yang berlangsung. Selain itu, jejaring social juga ikut terkait dengan adanya demokrasi. Objeknya adalah orang-orang yang memiliki sudut pandang dan aspirasi berbeda dengan orang lain. Sehingga dengan adanya aspirasi, opini public dapat berpengaruh penting terhadap media dan memberikan kekuatan massa bagi pelaku jejaring social tersebut.


oleh : IntanPuspitaSari/07220065/PertekomIII-D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar