Sabtu, 08 Januari 2011

Implementasi Teknologi Komunoikasi


Tiga Aliran Merespon atau Memahami Perkembangan Teknologi Komunikasi :
  • Dystopian adalah aliran yang sangat berhati – hati dan bersikap kritis terhadap penerapan teknologi.
  • Neo-Futuris adalah Aliran yang tidak kritis yang sedang berlangsung menerima hal-hal baru.
  • Tekno-Realis adalah Aliran yang mengakui teknologi digital mempunyai manfaat-manfaatpraktis yang dapat digunakan.
Urutan Bagaimana Masyarakat Bisa Mengenal Teknologi Komunikasi :
Masyarakat band (Pra Bicara) -> Masyarakat Tribal (Bicara) -> Masyarakat Agraris (Tulisan) -> Masyarakat Komersial Perkotaan (Cetekan) -> Masyarakat Industri (Media Cetak/Elektronik) -> Masyarakat Paska Indistrial (Cybernetic) -> Masyarakat Informasi (Komputer)
Proses Implementasi Teknologi Komunikasi
  • Agenda Setting bertugas Memunculkan suatu ide teknologi Komunikasi.
  • Matching bertugas mencocokan teknologi komunikasi dengan kebutuhan adopsi inovasi
  • Redefining bertugas mengatur, menyusun, dan memodif struktur lembaga.
  • Clarifying bertugas meyakinkan pada anggota terhadap tekanan
  • Routinizing bertugas setelah teknologi komunikasi sudah diketahui menjadi bagian insfrastruktur.
Kategori Adapter :
  1. Innovator adalah Orang-orang yang lebih dapat membentuk komunikasi dengan baik meskipun terdapat jarak geografis. Biasanya orang-orang ini adalah mereka yang memeiliki gaya hidup dinamis di perkotaan yang memiliki banyak teman atau relasi.
  2. Early Adaptor (Perintis/Pelopor) sebagai perintis dalam menerima inovasi, sehingga sangat disegani dan dihormati oleh kelompoknya karena kesuksesan mereka dan keinginannya untuk mencoba inovasi baru.
  3. Early Majority (Pengikut Dini/Awal) adalah orang yang tidak mau menjadi kelompok pertama yang mengadopsi sebuah inovasi.
  4. Late Majority (Pengikut Akhir) adalah golongan orang yang lebih berhati-hati mengenai fungsi sebuah inovasi, hingga kebanyakan orang bisa menerima inovasi tersebut.
  5. Laggards (Kelompok Kolot/Tradisional) adalah Kelompok yang terakhir melakukan adopsi inovasi. Mereka bersifat lebih tradisional, dan segan untuk mencoba hal hal baru. Kelompok ini biasanya lebih suka bergaul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran sama dengan mereka.
Konvergensi adalah Benda / lebih bertemu / bersatu di suatu titik pemusatan pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat. (kombinasi beberapa industri - komputer, komunikasi, elektronika rumah tangga, hiburan yang bertukar data digital).
Ditimbulkan karena adanya dorongan kebutuhan akan fungsi media dan teknologi yang telah memungkinkan integrasi menjadi fungsi-fungsi dari beberapa media.


oleh : IntanPuspitaSari/07220065/PertekomIII-D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar